THE EFFECT OF QUALITY SERVICE AND LOCATION ON PATIENT SATISFACTION IMPLICATIONS ARE ON LOYALTY OF PATHWAY PATIENTS DISTRICT (Case Study at Bireuen Medical Center Hospital Bireuen)
Kata Kunci:
Service Quality, Location, Patient Satisfaction and Patient LoyaltyAbstrak
Penelitian ini tentang: “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap Kepuasan Pasien Implikasinya pada Loyalitas Pasien Rawat Jalan (Studi Kasus pada RSU Bireuen Medical Center Bireuen)”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang (1) Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Lokasi, terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan pada RSU BMC Bireuen. Dan (2) Pengaruh Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan pada RSU BMC Bireuen. Studi mengambil sampel 100 pasien rawat jalan dengan pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian menujukkan hal-hal berikut, Analisis secara deskriptif diperoleh; a. kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Bireuen Medical Center menurut persepsi pasien rawat jalan adalah 70,51 persen, b. Faktor lokasi diyakini pasien baik dan menguntungkan pasien sebesar 73,22 persen, c. Tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Bireuen Medical Center adalah 76,81 persen, dan d. Tingkat Loyalitas pasien menurut responden (pasien rawat jalan) di Rumah Sakit Umum BMC sebesar 72,08 persen. Hasil analisi inferensia, diperoleh; a.Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada RSU Bireuen Medical Center, sebesar 34,23 persen. b. Lokasi rumah sakit yang strategis berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 21,24 persen. c. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pasien, sebesar 30,05 persen. Dan d. Faktor lokasi rumah sakit yang mudah dijangkau oleh pasien dan keluarganya akan memberikan pengaruh terhadap loyalitas pasien, sebesar 15,86 persen