PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, BUDAYA SEKOLAH DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR LINGKUP UPT. DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KECAMATAN PEUSANGAN BIREUEN
Kata Kunci:
Supervisi akademik Kepala Sekolah, Budaya sekolah, Motivasi kerja, Kinerja guruAbstrak
Penelitian yang dilakukan terhadap 75 guru kelas SD di wilayah UPT. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, yang bertujuan untuk menganalisis; a). pengaruh supervisi akademik Kepala sekolah terhadap kinerja guru, b). pengaruh Budaya sekolah terhadap kinerja guru, dan c) pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru. Teknik pengumpulan data berdasarkan penyebaran angket yang mempertimbangkan tingkat validasi dan reliabilitasnya. Dan metode analisis data dengan pendekatan alat analisis jalur (Path analysis). Hasil penelitian menujukkan bahwa, 1). Perlakuan Supervisi Akademik yang dilakukan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Kinerja guru, baik langsung maupun tidak langsung yang berkaitan dengan variabel lain sebesar 23,15 persen, 2). Faktor budaya sekolah dapat mempengaruhi Kinerja guru, dengan besar pengaruh langsung dan tidak langsung yakni 10,23 persen, 3). Faktor motivasi kerja guru dapat mempengaruhi Kinerja guru, baik pengaruh langsung dan tidak langsung sebesar 13,73 persen, dan 4) Terdapat pengaruh secara simultan faktor supervisi akademik Kepala Sekolah, Budaya sekolah dan Motivasi kerja guru terhadap Kinerja guru SD di wilayah UPT. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen sebesar 47,10%. Dan sisanya yakni 52,90% dapat mempengaruhi variabel Kinerja guru seperti aspek Lingkungan, Sarana Prasaran, Bimtek, dan lain-lain
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2021-07-10 (3)
- 2021-07-10 (2)
- 2021-07-10 (1)