PENGARUH MOTIVASI KERJA, DAN PERILAKU INOVATIF TERHADAP KINERJA GURU SMP DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI WILAYAH KECAMATAN PEULIMBANG KABUPATEN BIREUEN
Kata Kunci:
Motivasi Kerja, Perilaku Inovatif, Kinerja Guru SMPAbstrak
Pendidikan adalah modal dasar untuk menciptakan SDM yang unggul. Dunia pendidikan yang utama adalah sekolah. Sekolah merupakan salah satu lembaga alternatif pelayanan pendidikan. Sekolah sebagai suatu lembaga tentunya memiliki visi, misi, tujuan dan fungsi. Guru merupakan salah satu sumber daya manusia yang berada di sekolah. Guru merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah dalam rangka mencapai tujuannya. Kompetensi guru di sekolah mempunyai peran penting dalam pencapaian tujuan sekolah. Tujuan penelitian ini, sesuai dengan rumusan masalah yang diajukan, maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui dan mengkaji: 1). Pengaruh motivasi kerja terhadap Kinerja Guru SMP dalam peningkatan mutu pendidikan, 2) Pengaruh perilaku inovatif berpengaruh lansungterhadapKinerja Guru SMP dalam peningkatan mutu pendidikan, 3) Pengaruh motivasi kerja, dan perilaku inovatif terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Peulimbang Kabupaten Bireuen.Berdasarkan Pembahasan dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa 1). Tingkat pencapaian motivasi kerja 42 guru SMPN 1 dan SMPN 2 Peulimbang Kabupaten Bireuen, sebesar 65,03%. Dan Tingkat pencapaian perilaku inovasi pada guru belum sepenuhnya baik, baru memeiliki nilai 65,33% yang berjalan atau dicapai. Serta tingkat pencapaian kinerja pada guru atas dasar kompetensinya, belum sepenuhnya baik, baru memiliki nilai 64,9%. 2). Terdapat pengaruh motivasi guru dan perilaku inovatif terhadap kinerja guru. Besar kontribusi perilaku inovatif lebih tinggi dari pada motivasi kerja terhadap kinerja.