PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus Guru SMA Negeri di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen)

Authors

  • admin Kepala Sekolah SMAN 3 Bireuen - Aceh
  • Marwan Hamid Dosen Universitas Al Muslim Bireuen - Aceh

Keywords:

Pendidikan, Pelatihan, Pengalaman Mengajar, Kompetensi, Profesionalisme guru

Abstract

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh, (1) pendidikan terhadap kompetensi guru, (2) pelatihan terhadap kompetensi guru, (3) pengalaman mengajar terhadap kompetensi guru, dan (4) kompetensi terhadap profesionalisme guru, dengan studi kasus pada guru di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen-Aceh.  Dengan sampel 118 guru SMA Negeri 1, SMAN 2, dan SMAN 3 Bireuen. Analisis statistik dengan pendekatan Path Analysis, diperoleh hasil bahwa 1).Terdapat pengaruh yang signifikans aspek pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar gur terhadap tingkat kompetensi guru. Pengaruh Pendidikan sebesar 23,33 %, terhadap kompetensi guru, sedangkan pelatihan dan pengalaman mengajar masing-masing adalah 6,87% dan 22,02%.  2). Terdapat pengaruh yang signifikans aspek pendidikan, pelatihan dan pengalaman mengajar gur terhadap tingkat profesionalisme guru. Pengaruh Pendidikan sebesar 91,34 %, terhadap profesionalisme guru, sedangkan pelatihan dan pengalaman mengajar masing-masing adalah 91,01% dan 13,46%. Dan 3). Pengaruh kompetensi yang dimiliki guru terhadap profesionalismenya sebesar 22,37 persen.

PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI

Published

2021-07-10

How to Cite

admin, & Hamid, M. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP KOMPETENSI DAN IMPLEMENTASINYA PADA PROFESIONALISME GURU (Studi Kasus Guru SMA Negeri di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen). JURNAL KEBANGSAAN, 9(17), 13–23. Retrieved from https://jurnal.uniki.ac.id/index.php/jkb/article/view/98

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>