FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEDISIPLINAN GURU TAMAN KANAK-KANAK NEGERI DI KABUPATEN BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.55178/jkb.v12i23.319Keywords:
Supervisi Kepala Sekolah, Etos kerja, Penilaian kinerja, Kedisiplinan GuruAbstract
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kedisiplinan pegawai dan guru. Penelitian ini membatasi beberapa hal, yakni ada dugaan kuat terkait dengan faktor supervisi kepala sekolah, etos kerja guru dan kinerja guru. Penelitian dilakukan terhadap guru Taman Kanak-kanak Negeri di Kabupaten Bireuen. Dengan menggunakan penelitian kuantitatif, dimana data dikumpulkan berdasarkan angket penelitian dan analisis dengan pendekatan model analisis jalur. Hasil penelitian ditemukan; 1) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung supervisi kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru sebesar 40,92%. 2) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung etos kerja terhadap disiplin kerja guru sebesar 39,88%. 3) terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung penilaian kinerja terhadap disiplin kerja guru yakni sebesar 56,74%. 4) Secara simultan supervisi kepala sekolah, etos kerja dan penilaian kinerja berpengaruh terhadap disiplin kerja guru Taman Kanak-kanak Negeri di Kabupaten Bireuen sebesar 55,7%. Sementara sisanya peran variabel yang tidak diteliti sebesar 44,3%, seperti faktor social demografis, faktor individu, ekonomi, motivasi kerja, lingkungan kerja dan lain-lain.