ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DI USAHA SERBA GUNA ENCU KECAMATAN PERMATA KABUPATEN BENER MERIAH
Kata Kunci:
aktor Budaya, Sosial, Pribadi, Keluarga, Keputusan Konsumen, KonsumenAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui masalah yang terjadi di usaha serba guna Encu Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Permasalahan yang teliti, bagaimana pendapat responden mengenai usaha serba guna Encu, dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli di usaha serba guna Encu Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen di antara lain yaitu faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, keluarga. Permasalahan yang harus di kaji oleh pemilik usaha adalah bagaimana memenuhi kebutuhan pelanggan,tidak hanya memenuhi tapi harus sekaligus memahami apa yang di butuhkan pelanggan,bagaimana harga barang yang dijual, dan berapa banyak jumlah yang di butuhkan konsumen. Usaha serba guna Encu berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik pada pembeli. Berdasakan skala Likert-5, hasil penelitian deskripsi diperoleh gambaran bahwa faktor budaya, dengan nilai rata-rata 4,0, faktor keluarga rata-rata 4,0, faktor pribadi dengan rata-rata 4,5, faktor sosial dengan rata-rata 4,0, yang paling dominan adalah faktor pribadi dengan jumlah terbesar yaitu rata-rata 4,5. Setelah diteliti bahwa faktor pribadi merupakan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli pada usaha serba guna Encu Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Disimpulkan bahwa rata-rata jawaban responden mencapai angka 4,0 atau pernyataan setuju, menurut indikator pengukuran jawaban responden 4,0 sampai 4,5 merupakan jawaban setuju. Bisa disimpulkan faktor pribadi adalah faktor yang paling mempengaruhi keputusan konsumen membeli pada usaha serba guna Encu Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah.
Kata Kunci: Faktor Budaya, Sosial, Pribadi, Keluarga, Keputusan Konsumen, Konsumen