PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI SE-KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN
DOI:
https://doi.org/10.55178/idm.v2i4.217Keywords:
Motivasi Kerja, Kompetensi Guru, Disiplin Kerja, Kinerja GuruAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, kompetensi terhadap kinerja guru, disiplin kerja terhadap kinerja guru, dan secara simultan pengaruh motivasi kerja, kompetensi, dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri se-Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Objek penelitian adalah 129 guru yang bekerja sebagai guru di SMA Negeri se-Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode analisis deskriptif dan analisis jalur. Hasil menujukkan, secara analisis deskriptif; a). Motivasi guru termasuk baik dalam mendukung kinerja guru. Skor penilaian Motivasi guru mencapai 85,74%, b). Tingkat Kompetensi guru, sudah mendekati sempurna, mencapai 90,36%, c). Disiplin kerja sudah menunjukkan hal yang baik, mencapai 88,74% dari yang diharapkan untuk meningkatkan kinerja guru. Sedangkan hasil Analisis jalur, menunjukkan adanya pengaruh Motivasi guru terhadap Kinerja guru adalah sebesar 38,54 %, pengaruh faktor Kompetensi guru terhadap Kinerja guru sebesar 22,89 %. Juga faktor Disiplin kerja menunjukkan adanya pengaruhnya terhadap kinerja guru, yakni sebesar 7,52 %. Hasil analisis dari nilai koefisien determinasi menjelaskan bahwa kontribusi faktor Motivasi guru, Kompetensi guru dan Disiplin kerja terhadap Kinerja guru SMA Negeri di wilayah Samalanga Kabupaten Bireuen, sebesar 69 %. Sementara sisanya dari peran yang tidak diteliti yakni sebesar 31%
References
A. A Anwar Prabu Mangkunegara, 2015. Manajemen Sumber Manusia Perusahaan. Bandung. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
B. Uno, Hamzah. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara
Hasibuan, Malayu, 2007. Organisasi dan Motivasi. PT. Bumi Aksara, Jakarta
Imam Wahyudi. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Marwan Hamid, Ibrahim Sufi, Win Konadi, dan Yusrizal Akmal, 2019. Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25, Edisi Pertama Sefa Bumi Persada, Medan.
Mulyasa. 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT Remaja Rosda karya, Bandung
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. PT Rineka Cipta, Jakarta
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru,
Peraturan pemerintah no. 19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional
Robbins, S. P., dan Judge, Timothy A., 2008. Perilaku Organisasi Edisi keduabelas Salemba Empat, Jakarta.
Ruky, Achmad, 2006. Sumber Daya Manusia Berkualitas mengubah Visi menjadi Realitas. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Siagian, S. P., 2004. Manajemen Internasional. PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
Suyuti, Achmad. 2001. Pelatihan Dasar Kepemimpinan (Leadership) dari Aspek Etik dan Moral. Pekalongan: Cinta Ilmu.
Supardi. 2013. Kinerja Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sritomo Wignjosoebroto. 1999. Perspektif Pembangunan Daya Saing Global. Tenaga Kerja Profesional Simposium (Desember), Jakarta
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Veithzal, Rivai, 2008. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Menigkatkan Daya Saing Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Veithzal, Rivai, dan Ella, Jauvani, 2009. Manajemen Sumber Daya manusia untuk Perusahaan. PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Wibowo, 2008. Manajemen Kinerja. PT grafindo Persada. Jakarta.
Wukir, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Sekolah,. Cetakan I, Multi Presindo, Yogyakarta
Downloads
Published
Versions
- 2021-09-18 (2)
- 2022-02-18 (1)