PENGARUH DIKLAT DAN SAPRAS TERHADAP KINERJA GURU SMA SE-KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Authors

  • Moch Dosen FEB Universitas Islam Kebangsaan Indonesia - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.204

Keywords:

Diklat, Sarana dan prasarana proses pembelajaran, Kinerja guru

Abstract

Masalah penelitian yang dilakukan atas 40 sampel guru berstatus pegawai negeri di SMA Negeri se-Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, yakni tingkat kinerja guru, yang dikaitkan dengan dukungan Pendidikan dan Pelatihan, serta Sarana dan Parasarana Proses pembelajaran.  Dengan tujuan mengukur pengaruh; 1). Faktor Diklat terhadap Kinerja guru, 2) Faktor Sarana dan Prasarana proses belajar mengajar terhadap kinerja guru. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2020, yang merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif secara kuantitatif, dengan metode analisis statistik menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa a) Tingkat Kinerja guru sebesar 77,5%, b) Tingkat manfaat Diklat yang di ikuti guru mencapai 77 % mampu mendorong kinerja guru, dan c) Dukungan Sarana Prasarana, menurut persepsi guru hanya mendukung proses belajar mengajar sebesar 77,67%. Berdasarkan analisis jalur, tebukti Diklat berpengaruh secara signifikans terhadap Kinerja Guru, dengan total pengaruh sebesar 18,22%. Sarana dan Prasarana Proses pembelajaran signifikan berdampak pada Kinerja Guru sebesar 16,14%

References

Armstrong, Michael, 2004. Performance Management. Tugu. Jogjakarta.

Dessler, Gary. 2006. Manajemen Sumber Daya Mnusia Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks Diviani.

Djojonegoro, W. 1998, Pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah menengah kejuruan. Jakarta: PT Jayakarta Agung Offset.

Harun Al-Rasyid. 1993, Teknik Penarikan Sampel dan Penyusunan Skala. Program Pasca Sarjana Unpad, Bandung

Jejen Musfah, 2012, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalaui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana.

Mulyasa, H.E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sagala, Syaiful, 2013, Memahami Organisasi Pendidikan, Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Santosa, Joko. 2011. Hubungan Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, Dampak Sertifikasi Guru,Iklim Sekolah, Dan Motivasi Berprestasi Guru dengan Kinerja Guru pada SMK Negeri di Malang Raya. Disertasi.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan

Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Published

2022-02-04 — Updated on 2020-09-04

Versions

How to Cite

Ilyas, M. (2020). PENGARUH DIKLAT DAN SAPRAS TERHADAP KINERJA GURU SMA SE-KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN . IndOmera, 1(2), 1-7. https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.204 (Original work published February 4, 2022)