PENGARUH SUPERVISI, MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU KELAS DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN

Penulis

  • Raimah Raimah Kepala Sekolah SD di Kecamatan Peusangan - Bireuen
  • Kamaruddin Kamaruddin Dosen FE Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)

DOI:

https://doi.org/10.55178/idm.v3i5.227

Kata Kunci:

Supervision of School Supervisors, Teacher Achievement, Motivation, Principal Leadership, Teacher Performance

Abstrak

The purpose of this study was to measure and analyze: influence of supervision, work motivation and principal's leadership on the teaching performance of classroom teachers in Peusangan District, Bireuen Regency. The study was conducted on 160 classroom teachers in Peusangan District, Bireuen Regency with a quantitative research approach with the instrument using a questionnaire. And the analysis technique uses path analysis. The results showed that 1) There was a positive and significant effect of Supervision of School Supervisors on the performance of elementary school teachers in Peusangan District, Bireuen Regency, which was 32.92%. 2). The results of the hypothesis test prove that the influence of the achievement motivation factor of classroom teachers in Peusangan District, Bireuen Regency has a significant effect on teacher performance, which is 17.26%. 3) And it is proven that the Principal's Leadership has a significant effect on the performance of elementary school teachers in Peusangan District, Bireuen Regency which is calculated from this study by 8.44%. 4). Simultaneously, the results showed that the variables of School Supervisor Supervision, Teacher Achievement Motivation and Principal Leadership had a significant effect on teacher performance. The contribution of these three factors is 58.6%.

Referensi

Brahmasari, Ida Ayu dan Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hei International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10, September: 124-135.

Dimas Satriadi, 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 7 Tanjungpinang, Jurnal Benefita Vol 1(No.3) Oktober 2016.

Edi Supriyono, 2014. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Sekecamatan Sewon Bantul Yogyakarta, Skripsi: Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hamzah dan Nurdin, 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hasibuan, Malayu S.P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Koesmono, Teman. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja serta Kinerja pegawai pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah di Jawa Timur, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol.7, No. 2

Mantja, W. 2010.Profesionalisasi Tenaga Kependidikan: Manajemen Pendidikan dan Supervisi Pengajaran, Malang: Penerbit Elang Emas.

Marwan Hamid, Ibrahim Sufi, Win Konadi, dan Yusrizal Akmal, 2019. Analisis Jalur Dan Aplikasi Spss Versi 25, Edisi Pertama Sefa Bumi Persada, Medan.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Terj. Diana Angelia, Jakarta: Salemba Empat

Mentari Ocvilia Amanda, Rudi Salam, dan Said Saggaf, 2016. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. Seminar Nasional:“Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Membentuk Karakter Bangsa Dalam Rangka Daya Saing Global” Kerjasama: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial Indonesia, Makassar, 29 Oktober 2016

Nasrun, 2016. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru, Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan Vol 1, Nomor 2. Diakses pada : http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/477

Ngalim Purwanto .2002. Ilmu pendidikan teoritis dan praktis. Bandung : Remaja. Karya.

Rivai, Veithzal. 2005. Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan dari teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Robbins, Stephen P. 2003. Perilaku Organisasi. Index. Jakarta.

Sagala, Syaeful, 2011, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: CV Alfabeta

P. Adam dan Frank G. Dickey, 1953. Basic Prinsiples of Supervision, Ed. Boston: Allyn and Bacon

Septiana, dkk. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA N Way Tenong. Jurnal Kependidikan. http://www.e-jurnal.com/2015/09/penggunaan-modelpembelajaran.html Sergiovanni, T.J. dan R.J. Starrat. 1979. Supervision: Human Perspective. New York: McGraw Hill Book Company

Sri Banun Muslim. 2010, Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme. Guru. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Syarifudin, E. 2006. Hubungan antar Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, dan Pengetahuan Kepemimpinan Pendidikan dengan Kinerja Kepala Sekolah. Survei di SLTP-N Se-Kabupaten Serang Provinsi Banten. Sinopsis Disertasi. Program Pascasarjana UNJ.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-18

Cara Mengutip

Raimah, R., & Kamaruddin, K. (2022). PENGARUH SUPERVISI, MOTIVASI KERJA DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU KELAS DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN . IndOmera, 3(5), 1-9. https://doi.org/10.55178/idm.v3i5.227