PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN, KUALITAS PENDIDIK DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LULUSAN (STUDI KASUS SMA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2017-2019)

Penulis

  • Mahadi Mahadi Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Bireuen
  • Win Konadi Dosen FE Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.200

Kata Kunci:

Anggaran Pendidikan, Kualitas Pendidik, Tingkat Akreditasi Sekolah, Kualitas Lulusan

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana: 1) Pengaruh Anggaran Pendidikan terhadap Kualitas Lulusan, 2) Pengaruh Kualitas Pendidik terhadap Kualitas Lulusan, 3) Pengaruh Akreditasi Sekolah terhadap Kualitas Lulusan.  Penelitian dengan ruang lingkup SMA setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh dengan kasus pengamatan tahun 2017-2019.  Dengan subjek penelitiannya adalah Anggaran Pendidikan, Kualitas Pendidik, Tingkat Akreditasi Sekolah, dan Kualitas Lulusan SMA.  Hasil penelitian, diperoleh hal-hal berikut: 1). Hasil pengujian ditemukan bahwa faktor Anggaran Pendidikan tidak berpengaruh terhadap Kualitas lulusan SMA di Provinsi Aceh.   Sedangkan faktor Kualitas Pendidik (dengan indikator hasil UKG Guru), dan Tingkat Akreditasi Sekolah (dengan indikator perhitungan tingkat kualitas akreditasi setiap Kabupaten/kota di Provinsi Aceh) selama tahun 2017-2019, berpengaruh signifikans terhadap Kualitas Lulusan SMA di Provinsi Aceh. 2). Nilai korelasi secara simultan antara variabel Anggaran Pendidikan, Kualitas Pendidik, dan Tingkat Akreditasi, terhadap Kualitas lulusan  adalah sebesar 0,507. Maka terdapat hubungan yang positif antara ketiga variabel yang diduga dalam penelitian terhadap variabel kualitas lulusan, dengan derajat sedang.  Dan Nilai Determinasi adalah R2 = 0,258  artinya kontribusi dari faktor Anggaran Pendidikan, Kualitas Pendidik, dan Tingkat Akreditasi, terhadap Kualitas lulusan adalah sebesar 25,8 %.  Terdapat cukup besar faktor lainnya yakni 74,2 %.

Referensi

Abdulloh, Ridwan Sani. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Amri, Sofan, 2013. Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Prestasi Pustaka: Jakarta.

Asep Priatna. 2011, yang Berudul Pengaruh Profesionalitas Guru terhadap Kualitas Pembelajaran pada SMA di Kota Bandung, Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol 14 Nomor Tahun 2011, online di https://ejournal.upi.edu/index.php/ JAPSPs/article/view/6415

Bungin, Burhan, 2001. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Dedi Supriadi. 2004, Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ferdi W. P, 2013, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 19 Nomor 4, Desember 2013

Hardian Mursito. 2016, Profesionalisme Guru sebagai Indikator Keberhasilan dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa (Kasus di SMK PGRI I Jakarta) Hasil penelitian, di akses pada situs:, https://www.kompasiana.com, 16 Juni 2016.

Indiantono, M. A., & Sutopo. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Onlne Reservation Ticket Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang). (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Indopos.co.id, 19 September 2018. Fokus Peningkatan Kualitas Pendidikan https://indopos.co.id/ read/2018/09/19/150100/fokus-peningkatan-kualitas-pendidikan.

Mulyono. 2010, Konsep Pembiayaan Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Nurochim. 2016, Administrasi Pendidikan, Bekasi: Gramata Publishing

Nur Nasution. 2005, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management), Bogor: Ghalia Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA, Kamis 14 Mar 2013. Anggaran Pendidikan Belum Mampu Tingkatkan Kualitas Pendidikan, https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/ eduaction/13/03/14/

Rohmah Ageng Mursita, 2015. Guru Merupakan Penentu Keberhasilan Pendidikan : Realitasnya Masih Banyak Sekolah kekurangan Guru,

https://www.kompasiana.com/ beprocess123/55b8565c927a61c8134654da/guru.

Sabar Budi Raharjo, dkk, 2018, Capaian Standar Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 3, Nomor 2, Desember 2018

Salsabila Rasdi, 2016. Anggaran Pendidikan Indonesia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Indonesia, https://www.kompasiana.com/salsabila_rsd/573b0705f392736a0707d11f/ anggaran pendidikan . . .

Sekaran, Uma. 2011. Research Methods for business Edisi I and 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sri Minarti. 2011, Manajemen Sekolah, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Singgih Santoso. 2009. Panduan lengkap menguasai statistika dengan spss17. Elex Media Komputindo:

Sururi. 2016, Pengaruh Akreditasi Sekolah terhadap Peningkatan mutu Pendidikan di SMK Se-Kota Bandung, diakses pada situs: https://media.neliti.com/media/publications/74511-ID

Sugiyono, 2011, Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta

Uhar Suharsaputra. 2010, Administrasi Pendidikan, (Bandung: PT Refika Aditama.

Uwes Sanusi, 1991. Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Jakarta: Logos Wacana Ilmu

Umaidi. 1999, Sebuah Pendekatan Baru Dalam. Pengelolaan Sekolah Untuk Pening ... Pendidikan Berbasis Mutu, Jakarta : Pustaka Pelajar

Puput Novita Indriyawati, Muazza, , dan Kuswanto. 2017, Pengaruh Akreditasi Sekolah terhadap Kualitas Lulusan SMA Se Kota Jambi Tahun 2017, Hasil Penelitian, Universitas Jambi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-18 — Diperbaharui pada 2020-09-25

Versi

Cara Mengutip

Mahadi, M., & Konadi, W. (2020). PENGARUH ANGGARAN PENDIDIKAN, KUALITAS PENDIDIK DAN AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP KUALITAS LULUSAN (STUDI KASUS SMA DI PROVINSI ACEH TAHUN 2017-2019). IndOmera, 1(2), 44-61. https://doi.org/10.55178/idm.v1i2.200 (Original work published 18 Februari 2022)