PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA

Penulis

  • Mursyidah Mursyidah Guru SMA Negeri 1 Bandar Baru, Kab. Pidie Jaya
  • M. Yusuf Dosen Magister Manajemen Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) - Bireuen
  • Chairul Bariah Dosen Manajemen FEB Universitas Islam Kebangsaan Indonesia - Aceh

DOI:

https://doi.org/10.55178/idm.v6i11.504

Kata Kunci:

principal leadership, work discipline, teacher commitment, teacher performance

Abstrak

Quantitative research empirically analyzes factors that support teacher performance, namely from the aspects of Principal Leadership, Work Discipline and Teacher Commitment. The study was conducted on 64 teachers of SMA Negeri 1 Bandar Baru Pidie Jaya, with an associative descriptive method and analysis based on multiple regression analysis. The results of the study found that: 1) the level of effectiveness of the Principal's leadership is quite good although not optimal, namely 80.15%, while teacher discipline in carrying out tasks is on average good (80.33%) and teacher commitment to the school is also in the fairly good category (78.55%). 2) the results of the partial analysis of Principal Leadership, Work Discipline and Teacher Commitment have a significant effect on Teacher Performance. 3) Simultaneously, Principal Leadership, Work Discipline and Teacher Commitment provide a positive contribution of 50.1% to improving teacher performance.

Referensi

Baihaqi & M. Yusuf (2023). Analisis Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Mengajar (Studi Kasus di SMP Sub Rayon 05 Kabupaten Bireuen), Jurnal indOmera, 4(7), 11-19, e-ISSN:2721-382X

Handoyo, Seger (2010). Pengukuran Servant Leadership sebagai Alternatif Kepemimpinan di Institusi Pendidikan Tinggi pada Masa Perubahan Organisas.. Makara. Sosial Humaniora. 14(2), 130

Hasan, Rohmat. (2015). Pengaruh Masa Kerja Dan Pendidikan Guru terhadap Kinerja Guru SDN Sukabumi 10 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI). Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Hasibuan Malayu S.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta, Erlangga.

Majid, Abdul (2016). Strategi Pembelajaran, Bandung. PT Remaja Rosda. Karya

Masri dan Zainuddin Iba (2024). Analisis Kinerja Pegawai berdasarkan faktor SDM, Kedisiplinan dan Budaya organisasi terhadap Kinerja pada LAPAS IIB Bireuen, Jurnal indOmera, 5(9), 1-10, e-ISSN:2721-382X

Mohd. Ilyas, Kamaruddin K., Marwan (2024). Manajemen Pendidikan Sekolah, Perspektif Konsep Aturan dan Fakta, Medan: Penerbit CV. Merdeka Kreasi, ISBN. 978-623-8699-41-4.

Mulyasa E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Panggabean, S., Mutiara (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia.

Safwandi & Konadi, W. (2023). Pengaruh Servant Leadership, Disiplin kerja dan Kepuasan kerja terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Wilayah Peusangan Kabupaten Bireuen, indOmera, 4(7), 69-78 e-ISSN:2721-382X

Sahertian, P., and Soetjipto, B.E. (2011). Improving Employee‟s Organizational Commitment, Self-Efficacy, and Organizational Citizenship Behavior Through the Implementation of Task-Oriented and Relationship-Oriented Leadership Behavior, The Business Review, Cambridge, Vol 17, No 2, pp.48-60

Sastrohadiwiryo S. B. (2002). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia, (Edisi 2), Jakarta: PT. Bumi Aksara.)

Surya B, Kamaruddin K. (2023), Kontribusi Perak Kepemimpinan Kepala sekolah. Lingkungan sekolah dan Pelatihan guru terhadap Kinerja guru Penjaskes di SMP se-Kabupaten Bireuen, peusangan – Almuslim Jourmal of Education Management, 1(1) 1-11; ISSN 2988-1552; journal.umuslim.ac.id/index-php/psg

Sutrisno, Edy (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Prenadamedia Group

Syafarudin (2002)., Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Grasindo, Jakarta

Syahril & Konadi W. (2021). Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Negeri Se-Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, Jurnal indOmera, 2(4), 1-8 doi.org/10.55178/idm.v2i4.217

Timpe, AD. (1987). The Management of Time. New York: Facts on File Publications.

Wardan Khusnul (2019). Guru Sebagai Profesi, Yogyakarta: Budi Utama.

Zuhri Z, Fauzi F, Saiful B. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Akreditasi sekolah dan Anggaran pendidikan terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Pidie Jaya, peusangan – Almuslim Jourmal of Education Management, 1(1):33-42; ISSN 2988-1552; journal.umuslim.ac.id/index-php/psg

Diterbitkan

2025-03-11

Cara Mengutip

Mursyidah, M., Yusuf, M., & Bariah, C. (2025). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN KERJA DAN KOMITMEN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 BANDAR BARU PIDIE JAYA. IndOmera, 6(11), 35–42. https://doi.org/10.55178/idm.v6i11.504

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama