Pengembangan Flipbook Berbasis Augmented Reality (AR) pada Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Gerak Manusia di MIN 20 Aceh Besar
DOI:
https://doi.org/10.5201/jet.v6i2.539Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Flipbook, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), Augmented Reality (AR), Research and DevelopmentAbstrak
Kemajuan teknologi digital telah membawa banyak dampak dalam kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan yang turut mengalami perubahan signifikan. Kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan telah melahirkan berbagai inovasi baru untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran interaktif yang selaras dengan perkembangan teknologi sekarang ini, sangat berpengaruh pada sistem belajar yang memberikan banyak manfaat. Namun Permasalahan dapat saja terjadi pada setiap sekolah dimana siswa saat melakukan pembelajaran merasa jenuh karena sistem belajar yang dianggap belum interaktif dan masih menggunakan media cetak. Maka dari itu peneliti mengembangkan salah satu jenis bahan ajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa yaitu modul pembelajaran pada mata pelajaran IPAS. Salah satu modul digital yang dimaksud adalah Flipbook, penggunaan Flipbook mirip dengan penggunaan e-book namun kelebihan Flipbook dapat dibuka lembar demi lembar seperti buku dan dapat disertai dengan, audio, tulisan dan gambar serta dapat pula berisi media-media lain seperti Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode ADDIE yang terdiri dari (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation), namun penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap Development atau pengembangan saja. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan uji validasi terhadap ahli media dan ahli materi. Platform yang digunakan untuk mendesain flipbook yaitu canva, dan elemen 3D Augmented Reality menggunakan Assemblr Edu, serta mengkonversikan menjadi Flipbook menggunakan Heyzine Flipbook. Berdasarkan penilaian dari para ahli media dan ahli materi, didapatkan hasil dari ahli media yaitu dosen dan guru kelas digital pada mata pelajaran IPAS sebesar 94% dan penilaian dari kedua ahli materi yaitu guru mata pelajaran IPAS di sekolah MIN 20 Aceh Besar memperoleh hasil 92%. Sehingga dapat disimpulkan menurut kedua aspek penilaian dinyatakan media Flipbook “Sangat Layak” untuk digunakan oleh siswa dalam melakukan pembelajaran di kelas.
Referensi
[1] Riska Aini Putri, “Pengaruh Teknologi dalam Perubahan Pembelajaran di Era Digital,” Journal of Computers and Digital Business, vol. 2, no. 3, pp. 105–111, Sep. 2023, doi: 10.56427/jcbd.v2i3.233.
[2] S. Wulandari, Jupriyadi, and M. Faddly, “Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Penggalangan Infaq Beras (Studi Kasus: Gerakan Infaq),” Telefortech, vol. 2, pp. 11–16, 2021, Accessed: Dec. 13, 2024. [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/telefortech/article/view/1991/858
[3] D. Haryati and F. Gusmarlia, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas V SDN No.198/I Pasar Baru,” 2024. [Online]. Available: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index
[4] I. P. Sari, I. H. Batubara, A. H. Hazidar, and M. Basri, “Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran,” Hello World Jurnal Ilmu Komputer, vol. 1, no. 4, pp. 209–215, Dec. 2022, doi: 10.56211/helloworld.v1i4.142.
[5] R. Atut and S. Patonah, “PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS V SDN BUGANGAN 01,” 2023. [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/ijes
[6] H. A. Kartika, A. Purwanto, and E. Risdianto, “Development of Physics E-Books Assisted by Flipbook and Augmented Reality (AR) to Increase Learning Motivation of High School Students,” Asian Journal of Science Education, vol. 6, no. 1, pp. 70–81, Apr. 2024, doi: 10.24815/ajse.v6i1.36294.
[7] R. Rasmawan, R. Muharini, and I. Lestari, “Pengembangan E-Modul Flipbook IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan,” vol. 6, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3558.
[8] A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” Journal on Education, vol. 05, no. 02, pp. 3928–3936, 2023.
[9] P. Ajeng Wiany, “Penggunaan Media Pembelajaran Prezi Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Bagian Tubuh Tumbuhan,” [email protected], 2024, Accessed: Feb. 01, 2025. [Online]. Available: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/68651
[10] L. Sahefa Ashari and D. Puspasari, “Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas dan Keprotokolan di SMKN 2 Buduran Sidoarjo,” JournalOfSocialScienceResearch, vol. 4, 2024, [Online]. Available: https://j-innovative.org/index.php/Innovative
[11] S. R. Ramadhina and K. Pranata, “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7265–7274, Jun. 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3470.
[12] W. Jurnal, Z. Hodsay, A. Septiani Mulbasari, and A. Kata Kunci, “Indonesian Research Journal on Education Pengembangan Media Flipbook Berbasis Kontekstual Mata Pelajaran IPA Materi Gangguan Organ Gerak Manusia Siswa Kelas V SD,” 2024.
[13] Y. Damayanti, T. Rostikawati, Y. Mulyawati, and E. P. Korespondensi, “Pengembangan Bahan Ajar E-book Berbasis Flipbook pada Subtema 2 Perubahan Lingkungan,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 626–634, 2023, doi: 10.55338/saintek.v5i2.1721.
[14] Y. Dela Carolina, “Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 1, pp. 10–16, Oct. 2022, doi: 10.51169/ideguru.v8i1.448.
[15] N. E. Purwoko and B. Parga Zen, “Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking,” Jurnal Ilmiah Media Sisfo, vol. 17, no. 2, pp. 302–312, Oct. 2023, doi: 10.33998/mediasisfo.2023.17.2.1407.
[16] E. M. Maili and M. Akbar, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Biologi Pertumbuhan Manusia dengan Metode Markerless,” 2023.
[17] S. Pahlefi and M. Khumaedi, “PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENAMPILKAN GAMBAR PROYEKSI PIKTORIAL (3D),” JoVI: Journal of Vocational Instruction, vol. 1, no. 2, pp. 9–14, 2022.
[18] F. Irawan, S. Ramdhan, and I. K. Sudaryana, “MEDIA EDUKATIF TENTANG HEWAN AIR TAWAR BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN TEHNIK SUPERIMPOSITION,” Infotech: Journal of Technology Information, vol. 9, no. 2, pp. 101–108, Nov. 2023, doi: 10.37365/jti.v9i2.166.
[19] E. Indra and A. Reinaldo Crispin, Pengembangan Aplikasi VR/AR Konsep hingga Implementasi dan Pengujian. 2024.
[20] M. Agil, S. Lina, and M. Sitio, “IMPLEMENTASI METODE MARKERLESS AUGMENTED REALITY UNTUK EDUKASI NAMA BUAH-BUAHAN BERBASIS ANDROID,” Dinamika Informatika, vol. 14, no. 2, 2022.
[21] Y. Alamsyah and R. Rachman, “Augmented Reality Smart Catalog Furniture Pada CV. Rorompok Menggunakan User Defined Target,” vol. 3, no. 1, 2022.
[22] V. Miyanti, A. Muhidin, and D. Ardiatma, “Implementasi Metode Markerless Augmented Reality Sebagai Media Promosi Home Furnishing Berbasis Android,” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 4, no. 1, pp. 71–77, Dec. 2023, doi: 10.57152/malcom.v4i1.1019.
[23] A. I. Rosiyani, Aqilah Salamah, C. A. Lestari, S. Anggraini, and W. Ab, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ipas Sekolah Dasar,” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 1, no. 3, p. 10, Jan. 2024, doi: 10.47134/pgsd.v1i3.271.
[24] J. Alimuddin, “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR IMPLEMENTATION OF KURIKULUM MERDEKA IN ELEMENTARY SCHOLL,” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, vol. 4, no. 02, pp. 67–75, 2023.
[25] I. Dyaning Wijayanti and A. Ekantini, “Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,” Pendas:JurnalIlmiahPendidikanDasar, 2023.
[26] Akbar Alam Maulana, “Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Persendian Pada Tulang Manusia,” UniversitasIslamRiau, 2023.
[27] A. Fitri and dkk., ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL SD/MI KELAS VI. 2022.
[28] P. C. Dynasty, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN NEARPOD DENGAN,” UINSyarifHidayatullah, Jakarta, 2024. Accessed: Dec. 14, 2024. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/76937/1/11190162000055%20_PUTRI%20CINTANA%20DYNASTY_WATERMARK.pdf
[29] I. M. Syahid, N. Annisa Istiqomah, and K. Azwary, “Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran,” Journal of International Multidisciplinary Research, 2024, [Online]. Available: https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
[30] Z. Tuasamu and dkk, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Siklus Pendapatan Menggunakan DFD Dan Flowchart Pada Bisnis Porobico,” 2023. Accessed: Dec. 15, 2024. [Online]. Available: https://ejournal.lapad.id/index.php/jurbisman/article/view/181/112
[31] Husain Al Hidayah, Hasan Muh. Hidayatullah, Anin Asnidar, and Nasir Nasir, “Penggunaan Media Pembelajaran Desain Grafis Melalui Aplikasi Canva,” Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 2, no. 2, pp. 97–102, Jan. 2024, doi: 10.59031/jkppk.v2i2.335.
[32] J. PKM Widya Mahadi, P. Rissa Putri Intari Dewi, N. Made Winda Wijayanti, and I. Dewa Putu Juwana, “EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL ASSEMBLR EDU PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 4 DENPASAR,” vol. 2, no. 2, pp. 98–109, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6606066.
[33] T. Anjariani, A. Arifi, and M. Zaini, “Problem Metodologi Mahasiswa PAI dalam Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi,” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 4, no. 5, pp. 7294–7304, Nov. 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i5.3567.