Analisa Pengembangan Digital Marketing Pada Aplikasi Action Mobile Bangking Bank Aceh Syariah Dalam Melayani Kebutuhan Transaksi Nasabah

Penulis

  • Putri Raihatul Jannah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Cut Fadhilah Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Mutasar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia
  • Nunsina Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.5201/jet.v5i2.492

Kata Kunci:

Technology Acceptance Model (TAM), Usability, Action Mobile Bangking, Figma UI/ UX

Abstrak

Action Mobile Bangking merupakan layanan yang ditawarkan oleh Bank Aceh Syariah untuk mempermudah transaksi keuangan melalui smartphone. Meningkatnya pertumbuhan transaksi digital di indonesia yang semakin hari semakin meningkat, membuat banyaknya bank-bank pesaing mulai meningkatkan kualitas layanan dan fitur-fitur terbaru pada mobile bangking, mengingat Bank Aceh merupakan Bank Daerah (BPD) maka dari itu perlu dilakukan Analisa Pengembangan atau Persamaan Digital Marketing Pada Aplikasi Action Mobile Bangking Bank Aceh hingga mampu memberikan alternatif dalam melayani kebutuhan Transaksi Nasabah. Menggunakanl metode Technologyl Acceptance Modell (TAM) danl perhitungan Usability yangl dapat menjadil acuan dalaml menetapkan berbagail pemanfaatan danl penggunaan TIl dari perspektifl pengguna terhadapl manfaat danl perspektif terhadapl penggunaan. Hasil Analisa pengukuranl TAM Perceivedl Ease ofl Use (PEOUl) yaitu sebesarl 95% yangl artinya memilikil nilai yang sangatl layak. Kemudianl hasil lperhitungan Usability diperolehl hasil pengukuranl TAM Perceivedl Usefulness (lPU) yaitu sebesarl 96%, serta erorr 5% yangl  menunjukkan bahwal hasil pengukuranl Usability aplikasil Action Mobile memilikil nilai sangatl layak. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan rekomendasi penambahan fitur ke pada pihak Bank Aceh Syariah guna melayani kebutuhan transaksi nasabah serta meningkatkan jumlah pengguna baru.

Referensi

Abran, A. Khelifi, W. Suryn and A. Seffah, "Consolidating the ISO Usability Models.," (2020).

Asmaaysi, A. (2022). Apa itu E-Wallet? Pengertian, Jenis, dan Kelebihan. https://finansial.bisnis.com/read/20220302/55/15061/apa-itu-e-wallwt-pengertian-jenis-dan-kelebihan

Bank Aceh Syariah, (2023). Wawancara dengan Staf dan Customer Service.

Bauer, (2020) . Definisi Usability Testing. Indonesia.

Boby. (2021). Apa itu M-Bangking? Ini penjelasan, Fungsi, dan Cara Kerjanya. https://lifepal.co.id/media/banyak-digunakan-orang-sudah-tahu-kelebihan-dan-kekurangan-m-bangking-ini/

Dewi, N. K., Irawan, B. H., Fitry, E., & Putra, A. S. (2021). Konsep Aplikasi E- Dakwah Untuk Generasi Milenial Jakarta. 5(2).

Dinata, R. K., Fajriana, F., Zulfa, Z., & Hasdyna, N. (2020). Klasifikasi Sekolah Menengah Pertama/Sederajat Wilayah Bireuen Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbors Berbasis Web. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 5(1), 33-37.

Dinata, R., Akbar, H., & Hasdyna, N. (2020). Algoritma K-Nearest Neighbor dengan Euclidean Distance dan Manhattan Distance untuk Klasifikasi Transportasi Bus. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(2), 104-111. doi:https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i2.539.104-111.

Dinata, R. K., Hasdyna, N., & Alif, M. (2021). Applied of Information Gain Algorithm for Culinary Recommendation System in Lhokseumawe. Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering, 5(1), 45-52.

Harahap, Dewi Berlian. (2019). Pengaruh Teknologi Informasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Medan Aksara. Skripsi Universitas Isam Negeri Sumatera Utara.

J. Nielsen, "Using Discount Usability Engineering to Penetrate the Intimidation Barrier, Usable Information Technology," (2019). [Online].

Juli, & Nizar Zakaria. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) desa Teles Kabupaten Kediri.”Generation Journal”. Januari 2020:41-48

Khalifah, A. R., Diana Triwardhani, & Syarief, N. (2021). Keputusan penggunaan BNI Mobile (Studi Kasus Pada Pengguna BNI Mobile di Jakarta). Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 962-980.

Larasati,I. (2021). Evaluasi Penggunaan website universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah jakarta Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Computation : journal of Computer Science and Information System, 4(1), 68. https://doi.org/10.24912/ computation.v4il.6689

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan UI/UX Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171

Panginan, E. K., 7 Irwansyah. (2020). Fenomena Aplikasi Kredit dan Pinjaman Kredivo di Indonesia.4, 15.

Perdani, A. L., Komariah, R. N., & Srinatania, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Mobile Technology Untuk Deteksi Breending Place Pencegahan Demam Dengue: Literature Review.

Populix. (2022). Consumer Preference Towards Bangking and E-Wallet Apps.

Pramudita, R., Arifin R. W., Alfian, A. N., Safitri, N., & Anwariya, S. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Figma Dalam Membangun UI/UX Yang Interaktif Pada Program Studi Teknik Informatika: STMIK TASIKMALAYA. JURNAL, BUANA PENGABDIAN, 3(1), 149-154. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v3il.1542

Purnamasari, S. D., & Panjaitan, F. (2020). Pengembangan Aplikasi E-Reporting Kerusakan Lampu Jalan Berbasis Mobile. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 5(1), 59-69. https://doi.org/10.32767/jusikom.v5il. 764

Sitanggang, A. S., Nurrochman, T. A., Syafira, R., Halim, I. K. N., Salsabina, P., & Aisy, A. Z. (2022). Analisis Yang Mempengaruhi Penggunaan M-Bangking Bagi Nasabah BNI. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.

Sugiyono, (2019). Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?id=YfNqDwAAQBAJ

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan Reasearch Dan Develompment (R&D). Bandung: Alfabeta

Suwandy, R., & Marpaung, S. H. (2022). Evaluasi Pengalaman Pengguna dengan Menggunakan Post Study System Usability Questionnaire (PSSUQ) Perpustakaan Digital Universitas Mikroskil. Journal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4190-4206.https://www.mikroskil.ac.id/pustaka.

Tumsifull, E., & Istanto, Y. (2019). Social Media Use Among Small and Medium Enterprise: a case of Fashion Industry Growht. Umiversity of Dar es Salaam Library Journal, 14(2), 3-18.

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno kompak, 15(1), 104 https://doi.org/10.333650jtk.vl5il.920.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Putri Raihatul Jannah, Cut Fadhilah, Mutasar, & Nunsina. (2024). Analisa Pengembangan Digital Marketing Pada Aplikasi Action Mobile Bangking Bank Aceh Syariah Dalam Melayani Kebutuhan Transaksi Nasabah . Jurnal Elektronika Dan Teknologi Informasi, 5(2), 32-44. https://doi.org/10.5201/jet.v5i2.492

Terbitan

Bagian

TABEL OF CONTENT