Sistem Pelayanan Cuti Berbasis Web di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lhokseumawe
DOI:
https://doi.org/10.5201/jet.v2i1.165Kata Kunci:
Sistem Informasi, Layanan Cuti, Website, KPPN LhokseumaweAbstrak
Pada era-globalisasi ini teknologi informasi menjadi alat dasar yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan yang ada. Dengan
menggunakan teknologi informasi keakuratan dan kecepatan akses data akan lebih mudah di jalankan. Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara (KPPN) Lhokseumawe merupakan sebuah kantor pemerintahan yang bergerak dibidang
penyaluran dana dari kas negara ke beberapa satuan kerja di bawah kementerian/lembaga lain ataupun di bawah
kementerian keuangan sendiri. Proses pengelolaan cuti pada Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN)
Lhokseumawe pada saat ini masih dilakukan secara manual. Proses pengelolaan cuti tersebut memiliki beberapa
kelemahan. Pegawai tidak bisa mengetahui sisa hak cuti pribadi dan pengambilan cuti oleh rekan kerja secara langsung,
sehingga pegawai tidak bisa melakukan manajemen cuti dengan baik. Pimpinan juga belum dapat mengambil keputusan
cuti berdasarkan prinsip pemerataan hak cuti pegawai. Kelemahan yang lain adalah proses pengurusan cuti pegawai
kurang efektif dan efesien. Dalam menyelesaikan masalah tersebut, dalam penelitian ini penulis merancang sebuah
sistem dengan menggunakan pemodelan Unifield Modeling Language (UML), Personal Home Page (PHP) dan
menggunakan basis data MySQL. Dengan adanya sistem pelayanan cuti di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara
(KPPN) Lhokseumawe ini, pegawai akan bisa lebih mudah untuk mengakses masalah percutian.