Implementasi Algoritma A-Star pada Sistem Pencarian Jalur Terdekat Objek Wisata Di Aceh Utara

Penulis

  • Amrullah, Novia Hasdyna, Zulfikar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.5201/jet.v4i2.410

Kata Kunci:

Algoritma A* (A-star), Path Finding, Short Route

Abstrak

Algoritma A* (Astar) merupakan salah satu algoritma yang termasuk dalam kategori metode pencarian yang memiliki informasi (informed search method). Algoritma ini sangat baik sebagai solusi proses path finding (pencari jalan). Algoritma ini mencari jarak rute terpendek yang akan ditempuh suatu point awal (starting point) sampai ke objek wisata Aceh Utara. Teknik pencarian yang digunakan dalam simulasi ini adalah menggunakan Algoritma A* dengan fungsi heuristic. Tujuan utama penelitian ini adalah mengimplementasikan algoritma A* dalam mencari jarak tercepat, yang disimulasikan seperti kondisi ketika seorang mencari rute dalam keadaan jalanan macet. Simulasi ini memberikan gambaran yang lebih realistis terhadap perilaku algoritma A* dalam pencarian jarak rute terpendek pada Objek Wisata Aceh Utara.

Referensi

Erke, S., Bin, D., Yiming, N., Qi, Z., Liang, X., & Dawei, Z. (2020). An improved A-Star based path planning algorithm for autonomous land vehicles. International Journal of Advanced Robotic Systems, 17(5), 1729881420962263.

Ju, C., Luo, Q., & Yan, X. (2020, October). Path planning using an improved a-star algorithm. In 2020 11th International Conference on Prognostics and System Health Management (PHM-2020 Jinan) (pp. 23-26). IEEE.

Dinata, R. K., Adek, R. T., Hasdyna, N., & Retno, S. (2023, August). K-nearest neighbor classifier optimization using purity. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2431, No. 1). AIP Publishing.

He, Z., Liu, C., Chu, X., Negenborn, R. R., & Wu, Q. (2022). Dynamic anti-collision A-star algorithm for multi-ship encounter situations. Applied Ocean Research, 118, 102995.

Widana, I. W., Sumandya, I. W., & Prastanti, N. P. D. (2023). Implementasi metode STAR untuk meningkatkan kemampuan guru mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 696-708.

Hasdyna, N., Dinata, R. K., & Retno, S. (2023). Analysis of the Topsis in the Recommendation System of PPA Scholarship Recipients at Universitas Islam Kebangsaan Indonesia. Jurnal Transformatika, 21(1), 28-37.

Triandini, E., Rijal, M. S., & Ambara, M. P. (2021). Implementasi Star Schema Dalam Pembangunanan Data Warehouse Penjualan Produk Tour. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 12(1), 23-33.

Oktanugraha, R. F., & Nudin, S. R. (2020). Implementasi Algoritma A*(A Star) Dalam Penentuan Rute Terpendek Yang Dapat Dilalui Non Player Character Pada Game Good Thief. Journal of Informatics and Computer Science (JINACS), 2(01), 74-85.

Dinata, R. K., Retno, S., & Sofiana, G. A. (2023). CLASSIFICATION OF COLOR BLIND STUDENTS AT SMA NEGERI 1 LHOKSEUMAWE USING NAÏVE BAYES ALGORITHM. MULTICA SCIENCE AND TECHNOLOGY (MST) JOURNAL, 3(1), 147-153.

Lamia, K. C., Lumenta, A. S., & Sugiarso, B. A. (2022). Implementasi Algoritma A*(A Star) Pada Game 3D Kebudayaan Suku Minahasa. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 11(2), 55-66.

Suhendri, S., Abdurahman, D., & Maulana, D. I. (2021). Implementasi Algoritma A-Star Untuk Pemetaan Lokasi Sarana Kesehatan Kabupaten Majalengka Berbasis Geographic Information System (GIS). INFOTECH journal, 7(2), 57-65.

Retno, S., Dinata, R. K., & Hasdyna, N. (2023). Evaluasi model data chatbot dalam natural language processing menggunakan k-nearest neighbor. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(1), 146-153.

Badri, F., & Al Habib, M. F. (2020). Implementasi algoritma A*(A Star) pada NPC (non-playable character) game pacman menggunakan game engine unity 5 berbasis android. Tek. Eng. Sains J, 4(2), 49.

Rosalia, B. O., & Siahaan, M. (2022, September). Perancangan Dan Implementasi Sistem Kasir Digital Pada Umkm Coffee Lucky Star. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro) (Vol. 4, No. 1, pp. 15-23).

Retno, S., Dinata, R. K., & Rahmadani, A. (2023). E-Arsip Surat Tugas Pada Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Langkat Berbasis Website. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 4(1), 1-8.

Hasdyna, N., Fajri, T. I., & Jabar, M. (2023). Sistem Penentuan Prioritas Penerima Rehab Rumah Dhuafa Menggunakan Metode TOPSIS Berbasis Web. INFORMAL: Informatics Journal, 8(1), 85-93.

Saleh, A. (2021, October). IMPLEMENTASI KECERDASAN BUATAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A-STAR DAN REPULSIVE FIELD PADA SIMULASI GAME 3D:---. In Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) (pp. C1-C1).

Sinlae, A. A. J., Nuraini, R., Alamsyah, D., & Riskiono, S. D. (2023). Implementasi Algoritma A*(A-Star) dan Greedy Dalam Penentuan Routing Pada Wide Area Network (WAN). Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), 4(3).

Hasdyna, N., Rianda, A., Rahmat, T., & Rahmati, A. H. (2023). Portal Informasi Aset Distribusi Berbasis Web di PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Lhokseumawe. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 4(1), 41-48.

Isnaini, D. (2023). IMPLEMENTASI DATA WAREHOUSE UNTUK ANALISA PENILAIAN SISWA SD MUHAMMADIYAH WEDI DENGAN METODE STAR SCHEMA (Doctoral dissertati

Dinata, R. K., & Furqan, S. R. (2023). Pengelompokan Daerah Padat Penduduk Untuk Penentuan Kawasan Perumahan di Kota Lhokseumawe Menggunakan K-Medoids Clustering. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 4(1), 49-58.

Dinata, R. K., & Bustami, R. (2022). Analisis Chebyshev Distance pada Algoritma K-Nearest Neighbor dalam Sistem Klasifikasi Rumah Sakit. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 3(2), 13-22.

Retno, S., & Hasdyna, N. (2022). Purity & Profile Matching Approach To Determine The Government Aid Recipient In Aceh Utara, Indonesia. INFOKUM, 10(4), 83-90.

Damawiyah, S., & Wijayanti, L. (2021). Implementasi Pemberian Jus Star Shine terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi Primer. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 11(1), 85-92.

Prakarsa, L. B., Badieah, B., & Mulyono, S. (2023). Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor dan Algoritma A-Star pada Sistem Navigasi Ruangan Berbasis Wi-Fi Fingerprint Positioning. TRANSISTOR Elektro dan Informatika, 4(3), 190-201.

Hasdyna, N., Rahmati, R., & Raniati, R. (2022). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAERAH RAWAN BEGAL DI KOTA LHOKSEUMAWE. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 6(2), 72-79.

Syihabuddin, R. F., Jauhari, M. N., Khudzaifah, M., & Fahmi, H. (2022). Implementasi Algoritma A-Star dalam Menentukan Rute Terpendek Destinasi Wisata Kota Malang. Jurnal Riset Mahasiswa Matematika, 1(5), 236-245.

Oktafiani, N. K. (2021). Implementasi Algoritma A*(A-Star) untuk menentukan rute terpendek pada NPC game Healthy Food (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Amrullah, Hasdyna, N., & Rahmat, P. N. (2022). Sistem Informasi Komoditi Nelayan Desa Pusong Lama Kota Lhokseumawe. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 3(2), 51-55.

Hasdyna, N. (2022). Analisis Sistem Pengelolaan Data Penduduk Pada Kantor Kecamatan Muara Dua Kota Lhokseumawe. Jurnal Elektronika dan Teknologi Informasi, 3(1), 43-48.

Susanto, A., & Handayani, S. F. (2022). Aplikasi Pencarian Jasa Pangkas Rambut Di Bandar Lampung Menggunakan Algoritma A-Star Berbasis Android. Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi, 3(1), 39-49.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Amrullah, Novia Hasdyna, Zulfikar. (2023). Implementasi Algoritma A-Star pada Sistem Pencarian Jalur Terdekat Objek Wisata Di Aceh Utara. Jurnal Elektronika Dan Teknologi Informasi, 4(2), 41-48. https://doi.org/10.5201/jet.v4i2.410

Terbitan

Bagian

TABEL OF CONTENT