Aplikasi Penentuan Tata Letak Barang Dengan Algoritma Apriori Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.5201/jet.v1i2.236Abstrak
Seiring dengan meningkatnya penerapan algoritma data mining pada penjualan sebuah supermarket akan meningkatkan omset penjualan relatif selalu meningkat, dengan memanfaatkan data transaksi pada masa lalu. Implementasi metoda algoritma akan diterapkan untuk meningkatkan omset penjualan pada Pasar Swalayan Cahaya di kota Lhokseumawe dikarenakan belakangan omset penjualan mengalami penurunan yang signifikan. Hal tersebut dikarenakan karena sudah mulai banyak toko swalayan lain yang muncul dengan harga yang bersaing serta dengan penataan barang yang modern mempunyai dampak pada omset penjualan. Selama 2 tahun belakangan toko cahaya swalayan tidak memperbaharui penataan barang tersebut yang menyebabkan berkurangnya minat konsumen untuk berbelanja. Karnanya akan dilakukan sebuah pembuatan aplikasi berbasis Android yang dapat menentukan rekomendasi tata letak barang dengan memanfaatkan pola pembelian konsumen di toko cahaya swalayan yang memanfaatkan data penjualan kasir sebagai inputan. Pengujian data dilakukan di toko cahaya swalayan sebanyak 3 kali dalam 42 hari. Setelah menggunakan aplikasi ini omset toko mengalami kenaikan yang signifikan.