PENGARUH KOMPETENSI, BUDAYA ORGANISASI, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM BIREUEN MEDICAL CENTER (BMC)

Penulis

  • Rommi Juliansyah Pegawai RSU BMC Bireuen – Aceh
  • Win Konadi Dosen FE Universitas Almuslim Bireuen - Aceh

Kata Kunci:

Kompetensi, Budaya Organisasi, Iklim Organisasi, Komitmen

Abstrak

Penelitian dilakukan terhadap 58 pegawai Rumah Sakit Umum Bireuen Medical Centre (BMC), bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh kompetensi terhadap komitmen pegawai, 2) Pengaruh budaya organisasi terhadap komitmen pegawai, 3) Pengaruh iklim organisasi terhadap komitmen pegawai, dan 4) Pengaruh kompetensi, budaya organisasi dan iklim organisasi terhadap komitmen pegawai. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan teknik analisis secara deskriptif, dan verifikatif yang diikuti dengan menguji persyaratan analisis dan menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan analisis model jalur (Path Analysis. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuisioner secara personal. Hasil penelitian membuktikan terdapat pengaruh Kompetensi terhadap Komitmen pegawai sebesar 34,72 persen. Demikian juga dengan adanya dukungan Budaya organisasi berdampak terhadap Komitmen pega-wai, yakni : 9,89 persen.  Sedangkan pengaruh iklim organisasi berpe-ngaruh sebesar 24,40 persen terhadap terhadap Komitmen pegawai di Rumah Sakit Umum Bireuen Medical Center. 

Pengaruh Kompetensi, Budaya Organisasi, dan Iklim Organisasi terhadap Komitmen Pegawai

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-10

Cara Mengutip

Juliansyah, R., & Konadi, W. (2021). PENGARUH KOMPETENSI, BUDAYA ORGANISASI, DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP KOMITMEN PEGAWAI RUMAH SAKIT UMUM BIREUEN MEDICAL CENTER (BMC). JURNAL KEBANGSAAN, 8(16), 23-34. Diambil dari http://jurnal.uniki.ac.id/index.php/jkb/article/view/106

Terbitan

Bagian

Articles