Analisis Sentimen Pengunjung Wisata Heritage Kota Semarang Menggunakan Naive Bayes Pada Ulasan Google Maps

Penulis

  • Cherlina Helena P Panjaitan, Candra Supriadi Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.5201/jet.v4i2.402

Kata Kunci:

Analisis, Algoritma, Naive Bayes, Rapidminer, Wisata, Google Maps

Abstrak

Kota Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah memiliki beberapa tempat wisata heritage, yaitu wisata yang menjadikan tempat atau suatu kawasan yang memiliki sejarah dan peran penting dalam suatu daerah sebagai tempat tujuan wisata, salah satunya adalah bangunan bersejarah yang dianggap sebagai cagar budaya. Salah satu Cagar budaya yang terkenal di kota Semarang adalah Lawang Sewu. Kemudian diikuti dengan Museum Kota Lama yang baru saja diresmikan pemerintah kota semarang tahun 2022, kemudian Sam Poo Kong yang merupakan salah satu vihara sekaligus tempat wisata budaya tertua di Semarang. Analisis sentimen pengunjung wisata heritage melalui ulasan yang terdapat pada google maps akan dilakukan untuk mengetahui tempat wisata tersebut dianggap positif atau negatif di pandangan masyarakat. Ketiga tempat wisata tersebut merupakan destinasi wisata heritage di Kota Semarang yang banyak di ulasan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ulasan masyarakat terhadap destinasi wisata heritage di Kota Semarang. Ulasan diambil pada situs google maps, dengan menggunakan algoritma classifier Naïve bayes. Dalam menganalisis sentimen menggunakan aplikasi RapidMiner.

Referensi

F. U. Haq, “Penggunaan Google Review Sebagai Penilaian Kepuasan Pengunjung Dalam Pariwisata,” Tornare, vol. 2, no. 1, p. 10, 2020, doi: 10.24198/tornare.v2i1.25826.

T. A. Lorosae and B. D. Prakoso, “Analisis Sentimen Berdasarkan Opini Masyarakat Pada Twitter Menggunakan Naïve Bayes,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2018 Univ. AMIKOM Yogyakarta, 10 Februari 2018, pp. 25–30, 2018.

S. Bhatia, M. Sharma, and K. K. Bhatia, “Sentiment Analysis and Mining of Opinions,” Stud. Big Data, vol. 30, no. May, pp. 503–523, 2018, doi: 10.1007/978-3-319-60435-0_20.

S. Baccianella, A. Esuli, and F. Sebastiani, “SENTIWORDNET: A Publicly Available Lexical Resource for Opinion Mining,” Proc. 7th Conf. Lang. Resour. Eval. Lr., pp. 417–422, 2008, [Online]. Available: http://www.lrec-conf.org/proceedings/lrec2010/pdf/769_Paper.pdf

W. Khofifah, D. N. Rahayu, and A. M. Yusuf, “Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Untuk Melihat Review Masyarakat Terhadap Tempat Wisata Pantai Di Kabupaten Karawang Pada Ulasan Google Maps,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 16, no. 4, pp. 28–38, 2022, doi: 10.35969/interkom.v16i4.192.

P. Del Vecchio, G. Mele, V. Ndou, and G. Secundo, “Creating value from Social Big Data: Implications for Smart Tourism Destinations,” Inf. Process. Manag., vol. 54, no. 5, pp. 847–860, 2018, doi: https://doi.org/10.1016/j.ipm.2017.10.006.

A. Imron, “Kabupaten Rembang Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Cherlina Helena P Panjaitan, Candra Supriadi. (2023). Analisis Sentimen Pengunjung Wisata Heritage Kota Semarang Menggunakan Naive Bayes Pada Ulasan Google Maps. Jurnal Elektronika Dan Teknologi Informasi, 4(2), 21-28. https://doi.org/10.5201/jet.v4i2.402

Terbitan

Bagian

TABEL OF CONTENT