ANALISIS KINERJA GURU DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI MAN 5 BIREUEN

Penulis

  • Munawwarah Guru pada Kementerian Agama Kabupaten Bireuen
  • Fauzi Fauzi Dosen Magister Manajemen FEB Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)

DOI:

https://doi.org/10.55178/idm.v4i8.378

Kata Kunci:

organizational culture, teacher competency, principal leadership, teacher performance

Abstrak

The aim of the study was to analyze the relationship between organizational culture, teacher competency and principal leadership on teacher performance, either partially or simultaneously. The research was conducted using quantitative methods with multiple linear regression analysis. The research objects were 49 teachers at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 5 Bireuen Regency. The data collection technique uses a questionnaire. The results showed that: 1) There is a relationship between the variables of organizational culture, teacher competency and principal leadership on a moderate scale, 2) there is a partial influence of the three predictor variables namely organizational culture, teacher competency and principal leadership on teacher performance. 3) together with organizational culture, teacher competence and leadership

Referensi

Kunandar (2011). Guru Profesional Implementasi (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Perrs

Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat

Mulyasa, E. (2009). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muntasir dan M. Yusuf (2021), Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah, Kompetensi Guru dan Motivasi Guru Terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, indomera, 2(3): 21-31, (Maret 2021).

Pratiwi, Yuia, dan Susi. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Bidang Produktif Jurusan Manajemen Bisinis Di SMK Kota Jambi Suleman, Suhaemi dan Ruliaty (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Jeneponto. Jurnal Competitiveness ISSN: 1978-3035. Vol. 10, Nomor 2. Juli-Desember,2016 http://journal.unismuh.ac.id/index.php/competitiveness

Pujiyanti & Isroah. 2013. Pengaruh motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SMA Negeri 1 Ciamis. Journal UNY, Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 184 – 207

Reza, A. (2016). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja. Terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah Salatiga, Interdisciplinary. Journal Of Communication, Vol. 1, No. 2, Desember 2016

Sunarno & Lie Liana. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru di Mediasi Kepuasan Kerja (Studi Kasus Pada Guru SMA Kesatrian dalam Yayasan Pendidikan Kesatrian Prosding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank (Sendi_U). ISBN: 978-979-3649-81-8.

Umar (2010). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wahjosumidjo (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada

Wibowo (2016). Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Yusuf, M. & Kamaruddin. K. (2023), Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Ulim Kabupaten Pidie Jaya, Singkite - Management, Business and Entreprenuership Journal, 2(1): 12-21. ISSN 2964-9730 (Online)

Zakharia, F. (2014). Pengaruh Budaya organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP YADIKA 3 Tangerang. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 3(1), 39-50

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-10

Cara Mengutip

Munawwarah, & Fauzi, F. (2023). ANALISIS KINERJA GURU DENGAN MEMPERHATIKAN FAKTOR BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI MAN 5 BIREUEN. IndOmera, 4(8), 72-78. https://doi.org/10.55178/idm.v4i8.378