The PENGARUH FAKTOR DIKLAT, SARANA DAN PRASARANA PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SE-KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN

Dr. Mohd. Ilyas, SE., M.M

Kata Kunci:

Diklat, Sarana dan prasarana proses pembelajaran, Kinerja guru

Abstrak

Masalah penelitian yang dilakukan atas 40 sampel guru berstatus pegawai negeri di SMA Negeri se-Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, yakni tingkat kinerja guru, yang dikaitkan dengan dukungan Pendidikan dan Pelatihan, serta Sarana dan Parasarana Proses pembelajaran.  Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh; 1). Faktor Diklat terhadap Kinerja guru, 2) Faktor Sarana dan Prasarana proses belajar mengajar terhadap kinerja guru. Penelitian dilaksanakan pada tahun 2019, yang merupakan penelitian deskriptif dan verifikatif secara kuantitatif, dengan metode analisis statistik menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian deskriptif menunjukan bahwa a) Tingkat Kinerja guru SMA Negeri di Kecamatan Samalanga swebesar 77,5%, b) Tingkat manfaat Diklat yang di ikuti guru mencapai 77 % mampu mendorong kinerja guru, dan c) Dukungan Sarana Prasarana, menurut persepsi guru hanya mendukung proses belajar mengajar sebesar 77,67%. Berdasarkan analisis jalur, tebukti Diklat berpengaruh secara signifikans terhadap Kinerja Guru SMA Negeri di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen, Aceh, dengan total pengaruh sebesar 18,22%. Sarana dan Prasarana Proses pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kinerja Guru sebesar 16,14%.

Diterbitkan

2020-09-13

Cara Mengutip

The PENGARUH FAKTOR DIKLAT, SARANA DAN PRASARANA PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP KINERJA GURU SE-KECAMATAN SAMALANGA KABUPATEN BIREUEN : Dr. Mohd. Ilyas, SE., M.M. (2020). IndOmera, 1(2). Diambil dari http://jurnal.uniki.ac.id/index.php/idm/article/view/31